Minggu, 09 September 2018

Khasiat dan Manfaat Sayuran bagi Kesehatan Tubuh

Berikut kami akan menjelaskan sedikit mengenai beberapa Sayuran berupa Khasiat dan Manfaat Sayuran bagi Kesehatan Tubuh agar terhindar dari penyebab timbulnya berbagai jenis penyakit pada tubuh.

Pengertian
Sayuran adalah semua jenis tanaman yang dapat dikonsumsi baik yang diambil dari akar, batang, daun, biji, bunga atau bagian lain yang digunakan untuk diolah menjadi masakan.  Pada umumnya sayur-sayuran lebih banyak mengandung zat tepung, karbohidrat, terutama sayuran yang berasal dari akar. Sayuran yang berwarna hijau kandungan gulanya kebih sedikit daripada sayuran yang berbentuk buah, dan sayuran yang berupa daun lebih banyak mengandung vitamin dan mineral. Sedangkan sebagian besar sayuran mengandung vitamin sesuai dengan warnanya :
  • Sayuaran berwarna hijau banyak mengandung klorofil, Vitamin A dan Vitamin B.
  • Sayuran yang berwarna merah atau kuning banyak mengandung karotin dan Vitamin A.
  • Sayuran yang berwarna kuning dan berasa asam banyak mengandung Vitamin C.
  • Sayuran yang mempunyai aroma yang tajam banyak mengandung sulfur seperti kol, Lobak, bawang, pete, jengkol dan yang lainya.
Beberapa Jenis Sayuran
Kandungan dan manfaat beberapa jenis sayuran Yang sangat penting untuk kesehatan tubuh diantaranya :
  • Kangkung
Sayur kangkung sangat mudah tumbuh di tanah lembab karena media hidupnya di air. Cita rasanya yang nikmat, daunnya yang lembut dan pengolahannya yang mudah menjadi berbagai macam menu membuat sayuran kangkung banyak disukai masyarakat.
Kangkung memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi berguna sebagai antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas pada kornea mata, serta mengandung beta karotin yang menjaga mata agar tetap sehat. Selain itu, kangkung mengandung vitamin C lebih tinggi daripada buah-buahan yang dapat menangkal serangan virus flu dan sariawan.
Wortel
  • Wortel
Wortel (daucus carota) seringkali dikatakan sebagai buah karena banyak orang memakannya secara mentah. Wortel dengan rasanya yang manis amat disukai anak-anak jika dibuat sayur sop. Wortel bagian akar/umbi yang dimakan dan umumnya bewarna oranye agak kemerahan. Ini menandakan wortel kaya akan kandungan betakaroten (vitamin A) yang sangat baik untuk kesehatan mata dan kulit. Wortel juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga membuatnya memiliki sifat antioksidan tinggi. Selain itu, wortel juga mengandung asam folat, kalsium, mangan, fosfor, kromium, zat besi, dan seng, serta serat.
  • Tomat
Tomat merupakan buah sayur yang kaya akan vitamin A dan C dan asam folat – 3 buah nutrisi yang paling dibutuhkan setiap hari terutama untuk ketahanan tubuh. Tomat masih banyak menyediakan beragam nutrisi lainnya, yang kesemuanya bermanfaat termasuk antioksidan asam alfa lipoic, likopen, kolin, asam folat, beta-karoten dan lutein. Asam alfa lipoic bermanfaat untuk membantu tubuh mengubah glukosa menjadi energi.
  • Sawi
Sawi adalah sekelompok tumbuhan dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar maupun diolah. Bagi penggemar mie ayam biasanya akan menemui jenis sayur ini. Kandungan mineral dan vitamin dalam sawi cukup tinggi. Kandungan vitamin C dan E, serta karoten dan glukosinolat dalam sawi berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh kita. Dalam sawi juga ada kalsium, magnesium dan asam folat yang sangat baik untuk tulang. Kandungan serat sawi juga tinggi, sehingga sangat baik untuk pencernaan.
 

Nilai Gizi Dalam Sayuran

Ada banyak penelitian yang tak terhitung di seluruh dunia, yang sangat menyarankan untuk memenuhi asupan sayuran hijau segar secara teratur, daripada membeli dalam bentuk tablet tambahan (kecuali dalam kondisi tertentu) untuk mendapatkan nutrisi yang sehat. Karena gizi dalam sayuran sangatlah banyak diantaranya:
    • Antioksidan: Tahukah Anda bahwa sayuran memiliki berlimpah antioksidan yang berguna juga untuk mencegah pertumbuhan kanker. Sayuran berwarna hijau gelap memiliki banyak fenolik flavonoid anti-oksidan dan mineral. Yaitu Vitamin dan mineral yang paling penting untuk berfungsinya organ tubuh Kita. Kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan masalah serius pada tulang, gigi dan organ-organ vital lainnya. Selain itu, antioksidan akan meningkatkan kekebalan tubuh, dan membuat kita jauh dari penyakit.
    • Sumber Serat yang Baik: Sayuran adalah pilihan yang bagus untuk mendapatkan makanan berserat, karena ini tingginya persentase tingkat serat dalam sayuran. Dengan serat, maka jalur pencernaan Anda tetap baik. Sayuran yang melimpah adalah serat larut serta serat tak larut, yang dikenal sebagai polisakarida non-pati (NSP). Serat ini berperan menyerap air ekstra dalam usus kita, dan dengan demikian akan mempertahankan kadar air dalam kotoran. Sehingga hal ini membantu dalam sistem pencernaan, mencegah sembelit kronis, dan wasir. Lebih banyak mengkonsumsi makanan kaya serat jelas akan menjaga sistem pencernaan yang sehat, sehingga akan membantu menghindari masalah pencernaan seperti sembelit dan ketidakteraturan usus, kanker usus besar dan bahkan polip. Karena sayuran memiliki serat yang tinggi, sayuran juga akan cenderung membuat kita merasa kenyang lebih lama, dan bisa membuat kita untuk malas ngemil yang tidak perlu.
    • Anti Kanker: Kubis, kubis Brussel, kembang kol, dan brokoli memiliki kandungan tinggi indoles dan isothiocyanate. Komponen ini memiliki sifat protektif terhadap kanker usus besar, kanker payudara, kanker kulit dan beberapa jenis kanker lainnya. Kecambah brokoli memiliki sulforaphane yang lebih tinggi daripada brokoli matang, yang merupakan zat pelindung antikanker. Selain itu, seperti dikatakan sebelumnya sayuran adalah sumber anti-oksidan terbesar, juga meminimalisir kemungkinan penyakit fatal seperti kanker.
    • Sumber Protein dan asam amino: Jika Anda kurang makan produk hewani dalam diet Anda, maka Anda harus memastikan bahwa diet Anda kaya protein dari sayuran untuk mengimbangi protein yang hilang. Setelah Anda membuat kombinasi sayuran dalam makanan, Anda akan mendapatkan asam amino dalam jumlah yang cukup untuk hidup sehat. Makan banyak kacang-kacangan, bayam, bersama nasi gandum merupakan makanan yang seimbang.
    • Sayuran Sumber Kaya Mineral: Sayuran berdaun hijau tinggi kandungan magnesium dan memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga sayuran terbukti sangat membantu untuk pasien dengan diabetes tipe 2. Jika Anda menambahkan setidaknya 1 porsi sayuran berdaun hijau setiap hari, itu akan sangat mungkin untuk menurunkan risiko diabetes. Sayuran hijau juga kaya zat besi dan kalsium, kecuali Swiss char dan bayam (karena tinggi asam oksalat).
    • Kadar air yang tinggi: Sayuran secara alami secara struktural memiliki tingkat kadar air, ini alasan mengapa sayuran pada umumnya bebas lemak dan rendah kalori. Anda bisa yakin untuk mulai diet sehat untuk berat badan dan kesehatan dengan diet kaya sayuran. Semakin banyak kita mengonsumsi sayuran, maka semakin banyak asupan air yang yang akan membersihkan keluar semua limbah dari tubuh Anda.
    • Mengandung senyawa Lycopene dan beta karoten: Sayuran berhijau daun mengandung beta-karoten yang tinggi, yang ketika diubah menjadi vitamin A akan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Tomat memiliki likopen yang tinggi, sehingga dapat melindungi mata dari masalah penglihatan. Diet kekurangan sayuran hijau sering menyebabkan kemungkinan kebutaan dan penyakit lainnya pada anak-anak. 
 Khasiat dan Manfaat Sayuran bagi Kesehatan Tubuh
  1. Sayuran dapat menjaga gula darah agar selalu terkontrol Sayuran dapat menyembuhkan resistensi insulin.
  2. Membantu Anda untuk meningkatkan penglihatan dan mengobati masalah kulit.
  3. Sayuran dapat menurunkan berat badan secara cepat dan efektif.
  4. Dapat mendinginkan otot dan saraf yang tegang serta baik untuk menurunkan berat badan.
  5. Sayuran Dapat Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
  6. Menghindarkan kerusakan sel akibat radiasi sinar ultra violet yang mampu menyebabkan kanker.
  7.  Mencegah dan Mengurangi Stress Berlebih
  8. Mencegah Penyakit Jantung & Kanker 
  9. Sumber Energi Tubuh
  10. Membersihkan Racun Dalam Tubuh (Detoksifikasi)
  11. Mencegah Kelahiran Bayi Cacat
Tips menyimpan sayuran

Jangan menyimpan sayuran di tempat yang panas dan lembab. Selalu menjaga sayuran dengan cara didinginkan, dan bekas potongan harus sangat didinginkan atau tertutup oleh es. Jauhkan sayuran dari pembungkus plastik, atau disimpan dalam kantong, namun jangan terlalu lama untuk mempertahankan nutrisi hingga sampai Anda mengolahnya.

CATATAN TAMBAHAN :

Mengkonsumsi sayuran secara teratur bagi tubuh kita sangatlah diperlukan. Jadi apabila anda menginginkan pola hidup yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, sebaiknya anda mulai untuk memasukan sayuran ke setiap menu masakan kalian, agar tubuh tetap sehat, kuat dan terjaga. Tetapi untuk Kalian yang alergi/kurang suka dengan sayuran bisa dengan menggantikannya dengan obat herbal yang mengandung sayuran yang amant banyak salah satunya produk qnc jelly gamat.Yang mana obat ini selain dari menjadi suplemen bagi tubuhn juga mampu mengobati berbagai jenis masalah/penyakit pada tubuh baik yang ringan, akut maupun kronis. Khasiat dan Manfaat Sayuran bagi Kesehatan Tubuh dapat anda ganti dengan khasiat QnC jelly gamat sebagai suplemen terbaik dan obat herbal terampuh atasi berbagai penyakit.

Itulah penjelasan mengenai sayuran serta kandungan gizi dan khasiat yang ada. Dengan mengetahui kandungan dan manfaat dari jenis sayuran diatas tentu menjadi pilihan bagi kita semua agar bisa menjaga kesehatan tubuh. Kami harap penjelasan diatas sangat membantu anda dan menjadi pengetahuan yang lebih.
Terima Kasih telah berkunjung ke web ini.

2 komentar:

  1. It was during my research on HIV/Herpes that I stumbled upon the Hiv/Herpes information; information which is quite easy to find when doing a search for STD on google. I was into conspiracy at the time thought of HIV/Herpes Cured' being a conspiracy was something Ignorance though,I found pretty interesting about herbal medicine. I asked questions about the Herbal cure's on official HIV/Herpes websites and I was banned for doing so by moderators who told me that I was parroting Hiv/Herpes propaganda. This reinforced my belief that there is a cure for Hiv/Herpes Then i found a lady from germany name Achima Abelard Dr Itua Cure her Hiv so I send him a mail about my situation then talk more about it and send me his herbal medicine I drank for two weeks.And today I'm Cured no Hiv/Herpes in my life,I searched for Hiv/Herpes groups to attempt to make contact with people in order to learn more about Hiv/Herpes Herbal Cure's I believed at this time that you with the same disease this information is helpful to you and I wanted to do the best I could to spread this information in the hopes of helping other people.That Dr Itua Herbal Medicine makes me believes there is a hope for people suffering from,Parkinson's disease,Schizophrenia,Cancer,Scoliosis,Fibromyalgia,Fluoroquinolone Toxicity Syndrome Fibrodysplasia Ossificans Progressiva.Fatal Familial Insomnia Factor V Leiden Mutation ,Epilepsy Dupuytren's disease,Desmoplastic small-round-cell tumor Diabetes ,Coeliac disease,Creutzfeldt–Jakob disease,Cerebral Amyloid Angiopathy, Ataxia,Arthritis,Amyotrophic Lateral Sclerosis,Alzheimer's disease,Adrenocortical carcinoma.Asthma,Allergic diseases.Hiv_ Aids,Herpes,Inflammatory bowel disease ,Copd,Diabetes,Hepatitis,I read about him online how he cure Tasha and Tara,Conley,Mckinney and many more suffrin from all kind of disease so i contacted him . He's a herbal doctor with a unique heart of God, Contact Emal..drituaherbalcenter@gmail.com Phone or whatsapp..+2348149277967.

    BalasHapus
  2. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus