Rabu, 06 Juni 2018

MANFAAT BUAH-BUAHAN UNTUK KESEHATAN

MANFAAT BUAH-BUAHAN UNTUK KESEHATAN - Memang di dunia ini ada berbagai macam jenis buah-buahan dan manfaat buah-buahan, baik itu yang bisa di konsumsi maupun yang tidak dapat di konsumsi. Dan tentu saja kali ini kita akan membahas manfaat buah buahan yang dapat di konsumsi saja.
Buah buahan yang kaya akan vitamin dan zat-zat yang baik untuk tubuh, semua jenis vitamin dan zat ada pada buah-buahan karena itu penting untuk Anda mengenal manfaat buah-buahan tergantung pada jenisnya, agar Anda dapat membedakan manfaat antara jenis buah yang satu dan jenis buah yang lainnya.

Berikut adalah manfaat buah untuk kesehatan tubuh kita.
  • Makan buah secara rutin dapat mencegah penyakit jantung. 
  • Makan buah secara rutin dapat juga mencegah serangan kerusakan hati dan stroke.
  • Mengkonsumsi beberapa jenis buah juga dapat mencegah penyakit kanker.
  • Buah dapat juga dijadikan sebagai diet alami yang dapat mencegah kolesterol jahat yang dapat menyerang tubuh kita. 
  • Buah juga dapat mencegah tekanan darah tinggi. 
  • Buah juga memiliki antioksidan yang dapat menjaga kekebalan tubuh kita. 
  • Buah kaya akan vitamin, mineral, dan zat penting lainnya sehingga dapat menjaga kebugaran tubuh. 
  • Mencegah obesitas dan menjaga berat badan yang ideal. 
  • Kandungan serat pada buah membantu mencegah dan mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit. 
  • Menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata terkait penuaan, katarak, dan degenerasi makula.
TAKARAN PENYAJIAN

Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) merekomendasikan 5 porsi atau sekitar 400 gram buah dan sayuran setiap hari.
Untuk mengetahui dan mempermudah Anda dalam penyajiannya, satu porsi buah setara dengan:
  1. Satu buah berukuran besar, seperti apel, pear, pisang, jeruk atau satu potong besar melon.
  2.  Dua buah berukuran kecil, seperti plum dan kiwi.
  3.  Satu cangkir atau 100 gram buah anggur, stroberi, rasberi, atau buah ceri. 
  4. Dua sendok makan salad buah, atau pun buah kalengan. 
  5. Satu sendok makan buah kering. 
  6. Satu gelas (150 ml) jus buah segar.
TIPS MEMILIH BUAH

Untuk memaksimalkan kualitas kandungan nutrisinya berikut beberapa tips memilih buah yang baik:
  • Belilah buah ketika sesuai musim buah tersebut, misalnya membeli buah mangga di saat musim mangga tiba. Ini cara jitu untuk memastikan buah sudah matang pada waktunya atau tanpa proses pematangan paksa dengan zat Harganya juga pasti lebih murah dibandingkan ketika tidak musimnya. 
  • Pilih buah yang masih segar, dengan kualitas yang baik. Anda bisa menilai kondisi buah dari permukaan kulit dan batangnya. Pilihlah yang tidak cacat atau busuk. 
  • Jangan lupa membersihkan buah dengan mencucinya menggunakan air mengalir sebelum dikupas dan dimakan. 
  • Dapatkan kombinasi nutrisi dengan menyajikan buah beraneka ragam warna di setiap porsi atau sajian.
Menerapkan kebiasaan makan buah setiap hari dapat Anda lakukan dengan cara:

  • Menyertakan buah dan sayuran sebagai menu harian Anda, pada makan pagi, makan siang, makan malam, dan camilan di waktu santai. 
  • Sajikan buah sebagai camilan sehat yang bisa Anda bawa ke kantor, ke sekolah, atau ke tempat bermain a 
  • Letakkan buah segar di tempat yang terlihat dan mudah dijangkau, seperti di meja makan. Ini agar Anda selalu tertarik makan buah ketika melihatnya. 
  • Cobalah untuk berkreasi dalam menyajikan buah dengan resep-resep terkini. Anda juga bisa menyajikan buah dengan warna dan tekstur yang berbeda untuk meningkatkan selera Anda dan keluarga untuk makan buah. 
  • Hindari mengonsumsi jus buah dan buah kering yang banyak mengandung gula. Jika Anda menginginkan jus buah, buatlah tanpa gula. Buah segar yang belum diproses tentu memiliki kandungan gizi yang lebih baik daripada yang telah diolah.
Kami akan memberi pengetahuan mengenai beberapa buah-buahan yang dapat mengobati penyakit seperti kanker, kolesteril, pelancar pembuluh darah, dll. Buah tersebut diantaranya:

1. Apel

Walau kandungan vitamin C tidak terlalu tinggi, namun apel memiliki kadar antioksidan dan flavonoid yang dapat meningkatkan manfaat vitamin C. Hasilnya, risiko masalah usus, serangan jantung, kanker dan stroke menurun.

2. Stroberi


Stoberi memiliki kandungan antioksidan tertinggi daripada buah lainnya. Selain itu, buah yang rasanya sedikit asam ini dapat melindungi tubuh dari penyebab kanker dan penyumbatan pembuluh darah akibat radikal bebas.

3. Jeruk


Memakan dua hingga empat jeruk dalam sehari dapat membuat flu menjauh, menurunkan kolesterol dan mencegah serta melarutkan batu ginjal. Tak hanya itu, kebiasaan mengonsumsi jeruk juga mampu mengurangi risiko terkena kanker usus besar.

4. Semangka


Selain mengandung mineral hingga 92%, semangka juga memiliki kadar glutathione; penangkal radikal bebas, pengusir racun dan meningkatkan kekebalan tubuh. Semangka juga merupakan sumber utama likopen, antioksidan yang melawan kanker.

5. Jambu Biji


Buah ini memiliki manfaat beragam bagi kesehatan. Mengonsumsinya secara rutin dapat memperlancar sirkulasi darah, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah kanker. Selain baik bagi kesehatan, jambu biji harganya relatif murah dibandingkan dengan buah-buah lain.

6. Pepaya


Pepaya termasuk salah satu makanan yang mengandung likopen, nutrisi yang diketahui sangat efektif dalam mencegah dan memberantas penyebaran sel-sel kanker. Pepaya juga memiliki kandungan lain yaitu sebagai sumber vitamin C, kalium dan asam folat yang membuatnya menjadi buah yang sangat menyehatkan.

Itulah beberapa manfaat buah-buahan bagi kesehatan tubuh. manfaat buah-buahan juga dapat menghindarkan kita dari serangan berbagai macam penyakit berbahaya dan menular lainnya.

Semoga artikel ini mengenai manfaat buah-buahan untuk kesehatan menambah wawasan anda dan menjadi pengingat akan pentingnya buah-buahan untuk kesehatan tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar